Jumat, 14 Juni 2024

Dani Ramdan : GP Ansor Berkontribusi Bangun Semangat Persatuan di Tengah Masyarakat

PEMERINTAHAN   May 20, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.107 Kali


id7258_Compress_20230520_082433_3883.jpg
HARLAH GP ANSOR : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama Mustasyar PBNU, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA menghadiri Resepsi Hari Lahir Gerakan Pemuda Ansor Ke-89 Di Museum Gedung Juang 45 Tambun selatan, Kabupaten Bekasi (19/5/2023) foto: Bayu Aji S /Newsroom Diskominfosantik

TAMBUN SELATAN - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri Resepsi Hari Lahir (Harlah) Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang ke-89 di Museum Gedung Juang Jl. Sultan Hasanudin Tambun Selatan, pada Jumat (19/5/2023) malam. Acara tersebut diisi tausyiah dengan penceramah Mustasyar (Penasehat) PBNU, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, GP Ansor ini adalah generasi muda Nahdlatul Ulama (NU), yang menjalankan tradisi nilai-nilai NU yaitu islam yang moderat serta Islam Rahmatan lil 'Alamin. Kehadirannya di tengah masyarakat mampu mewujudkan kedamaian dan kasih sayang bagi manusia maupun alam semesta. 

"Seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj membangun pluralisme (paham atas keberagaman) yang bisa mempersatukan kita semua," katanya. 

Dani menyampaikan, sejak awal Kabupaten Bekasi adalah tempat berteduhnya suku bangsa dari berbagai pelosok Nusantara. Seiring dengan hadirnya kawasan industri, berbagai bangsa dari penjuru dunia juga hadir di Kabupaten Bekasi. 

"Maka dari itu, Kabupaten Bekasi harus dibangun dengan semangat pluralisme, bersama para Kyai serta para Ulama khususnya NU, karena nilai dasar NU adalah menghargai dan menghormati perbedaan serta mempersatukan," terangnya. 

Dani mengatakan, Pemerintah Daerah selalu bersinergi dengan GP Ansor untuk membangun karakter bangsa yang majemuk yang menghormati persatuan kesatuan serta menghargai perbedaan. 

"Ya, kami selalu bekerjasama saling bahu-membahu dengan GP Ansor, saling membantu membangun persatuan dan kesatuan di Kabupaten Bekasi, terlebih saat ini kita sedang menghadapi tahun politik Pemilu 2024, ini penting sekali semangat seperti ini ," terangnya

Dirinya berharap GP Ansor terus berkontribusi dan berperan untuk membangun nilai-nilai persatuan di tengah masyarakat Kabupaten Bekasi. 

Sekretaris GP Ansor Kabupaten Bekasi yang juga menjabat Anggota DPRD, Muhammad Himawan Abror menambahkan, rangkaian kegiatan Harlah GP Ansor yang ke-89 dilaksanakan selama tiga hari. 

Selain mengadakan pengajian Rijalul Ansor, semua pengurus tingkat kecamatan maupun desa akan hadir dalam rangka pengambilan sumpah setia kader Ansor terhadap Indonesia, pada Sabtu (20/05/2023).

"Insya Allah acara ini dihadiri oleh Ketua Umum GP Ansor, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), serta kegiatan pesta rakyat seperti bazar dan hiburan kearifan lokal Kabupaten Bekasi," katanya. 

Himawan mengatakan, selama ini GP Ansor sudah berkontribusi kepada Pemerintah Daerah dalam hal menjaga persatuan dan kesatuan serta menghargai perbedaan. 

"Sesuai instruksi Pimpinan Pusat, setiap kader Ansor wajib menjalankan pengajian rutin sebagai benteng garda terdepan dalam menjaga Ahlusunnah wal Jama'ah," terangnya. 

Di bidang sosial kemasyarakatan, Himawan menyebutkan, GP Ansor Kabupaten Bekasi turut peduli membantu korban banjir dan gempa Cianjur, dengan mengumpulkan dana sekitar Rp. 400 juta dari kader Ansor. 

Reporter : Andre M Jafar

Editor     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik