Selasa, 21 Maret 2023

Silaturahmi Ketua Rukun Warga

Dani Ramdan Berpesan RT/RW Harus Punya Peta Jalur Evakuasi Bencana

PEMERINTAHAN   Mar 4, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 166 Kali


id6785_Compress_20230304_192933_3264.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan memberikan sambutan dalam acara Silaturahmi Ketua Rukun Warga Se-Kabupaten Bekasi, yang digelar Polres Metro Bekasi di Jababeka Convention Center, Presiden University, Cikarang Utara, pada Sabtu (04/03/2023).

CIKARANG UTARA - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedy Aditya Bennyahdi, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf M Horison Ramadhan, menghadiri acara Silaturahmi Ketua Rukun Warga Se-Kabupaten Bekasi yang digelar Polres Metro Bekasi di Jababeka Convention Center, Presiden University, Cikarang Utara, pada Sabtu (04/03/2023).

Acara yang dihadiri sekitar 2100 Ketua RW, para kepala desa beserta camat se-Kabupaten Bekasi tersebut, diinisiasi oleh Polres Metro Bekasi, yang merupakan program Polri yang bertujuan menyosialisasikan Polisi RW. 

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bekasi berpesan kepada seluruh Ketua RW, melihat kondisi rawan bencana di Kabupaten Bekasi, agar para Ketua RW dapat membuat jalur evakuasi serta membangun budaya tangguh bencana di lingkungannya.

"Jadi di tingkat RW dan RT, harus ada sosialisasi kepada warga, jalur evakuasi yang aman ketika terjadi bencana seperti banjir, kebakaran, puting beliung dan yang lainnya. Nah itu harus ada petanya di tingkat RT/RW," jelasnya usai menghadiri acara.

Dani Ramdan menyampaikan, Pemkab Bekasi sudah menetapkan status Tanggap Darurat Bencana Hidrometeorologi hingga 12 Maret mendatang. Saat ini, lanjutnya, banjir di Kabupaten Bekasi mulai surut. Selain karena hujan yang berkurang, upaya penanganan juga terus dilakukan oleh Pemkab Bekasi. 

"Kita adakan rapat koordinasi setiap hari, melakukan update data, menyebar mesin pompa air ke beberapa titik, dan pergerakan dengan lima eskavator yang dimiliki, penanganan pengungsi dan pembersihan pasca banjir," sambungnya.

Selain itu Pj Bupati juga mengimbau bagi para Ketua RW untuk ikut serta membudayakan pengelolaan sampah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dan menyukseskan Pemilu sampai Pilkada dengan menaikkan angka partisipasi, menghargai perbedaan dan kondusifitas Pemilu, dengan harapan akan menghasilkan para wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi dalam sambutannya mengimbau kepada Ketua RW se-Kabupaten Bekasi untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat dengan selalu berkomunikasi kepada Babinsa atau Babinkamtibmas setempat sehingga masalah yang ada bisa diselesaikan bersama-sama.

Twedi mengungkapkan, saat ini Polres Metro Bekasi, sesuai instruksi Polri, tengah mencanangkan program Polisi RW sehingga antara anggota Polri dan masyarakat bisa terus bekerjasama.

"Jadi kami harapkan bisa terus berkomunikasi dengan Babinsa, Babinkamtibmas, apabila ada permasalahan segera didiskusikan supaya bisa menemukan solusi," ungkapnya.

Reporter : Fajar CQA

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Rahmat Atong Serahterimakan Jabatan Kepala DLH kepada Syafri Donny Sirait
PEMERINTAHAN   Mar 21, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Terima Hasil Penilaian Ombudsman, Pemkab Bekasi Komitmen Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital
PEMERINTAHAN   Mar 21, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Asda 1 Hadiri Sertijab Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Mar 21, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Inisiasi Dibentuknya Forum Komunikasi Pasar Induk Cibitung
PEMERINTAHAN   Mar 21, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tutup Musrenbang RKPD, Dani Ramdan Minta Perangkat Daerah Fokus Enam Program Prioritas
PEMERINTAHAN   Mar 20, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik