Minggu, 05 Februari 2023

Camat Cibitung Optimistis Kabupaten Bekasi Hattrick Juara P2WKSS Tingkat Jawa Barat

PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 367 Kali


id5844_Compress_20221005_191540_0032.jpg
Camat Cibitung, Encun Sunarto

CIBITUNG - Camat Cibitung, Encun Sunarto optimistis Kabupaten Bekasi dapat meraih Juara 1 tingkat Jawa Barat dalam Lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut.

Sebelumnya, Kabupaten Bekasi dua kali berturut-turut meraih Juara 1 Lomba P2WKSS Tingkat Jawa Barat. Pada tahun 2020 diwakili Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu dan tahun 2021 diwakili Desa Kertarahayu Kecamatan Setu. 

Encun mengatakan, untuk tahun 2022, Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung menjadi lokasi program P2WKSS mewakili Kabupaten Bekasi. Untuk menyukseskan program tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan dukungan penuh dengan mengerahkan seluruh dinas terkait. 

"Alhamdulillah sampai hari ini semua dinas di Kabupaten Bekasi telah memberikan dukungan penuh. Semua dinas terkait bergerak sesuai dengan ruang lingkupnya masing-masing memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para kader P2WKSS," ucap Encun Sunarto, Rabu (05/10/22).

Camat Cibitung menuturkan, pelatihan yang telah diberikan kepada kader P2WKSS di Desa Wanajaya diantaranya, pelatihan Eco Enzyme dari DP3A, sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan dan bantuan bibit, pupuk dan green house dari Dinas Ketahanan Pangan dan sosialisasi lahan pertanian dan pemberian bibit dari Dinas Pertanian.

Selain itu ada pelatihan tentang 3R (Reduce Reuse Recycle) dan bantuan alat-alat kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup, pelatihan tata rias yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM serta pelatihan pengelolaan perpustakaan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan.

"Kemudian ada juga pembangunan infrastruktur di Kp.Rawa Lele, diantaranya pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan juga pembangunan drainase di sekitar loksus P2WKSS ini," katanya.

Dengan dilakukannya sosialisasi dan pelatihan tersebut, Encun berharap, para kader dapat menerapkannya menjadi bekal keterampilan untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi masing-masing.

Lebih lanjut, Encun juga menyebutkan, ada inovasi unggulan yang menjadi perbedaan antara loksus P2WKSS tahun ini dengan tahun sebelumnya. Yakni program Bank Sampah yang akan terintegrasi dengan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R), kampung-kampung unik dan agro wisata yang terdapat rekreasi tanaman buah-buahan di dalamnya.

"Kita harus optimis, memang berat mempertahankan gelar juara untuk yang ketiga kalinya. Namun kita punya keyakinan berkat dukungan dari Pj Bupati Bekasi, Sekda dan semua dinas serta yang terpenting adalah masyarakatnya sendiri yang ingin merubah dirinya menjadi jauh lebih baik lagi," tandasnya. 

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Ingatkan Kembali Perusahaan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja
PEMERINTAHAN   Feb 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Harapkan KNPI Kabupaten Bekasi Jadi Aktivis Entrepreneur
PEMERINTAHAN   Feb 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Launching Program Gemapatas, Kantor Pertanahan Ajak Masyarakat Patok Batas Tanah
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tinjau TPA Burangkeng, Dani Ramdan Buka Dialog dengan Warga
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kolaborasi dengan Dinsos, Disperkimtan Bantu Rutilahu Warga Miskin Ekstrem
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik