Selasa, 21 Mei 2024

BRIN dan Balitbangda Observasi Padi Merah Lokal Khas Bekasi

PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 999 Kali


id6300_cv.jpeg
PENELITIAN : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bekasi BRIN melakukan Observasi Plasma Nutfah kepada kelompok tani di Badak Satu, kampung Cibadak, Desa Karang Indah, Bojongmangu pada Rabu (30/11).

BOJONGMANGU - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN) melakukan kunjungan Observasi Plasma Nutfah kepada Kelompok Tani Badak Satu, Kampung Cibadak, Desa Karang Indah, Kecamatan Bojongmangu, pada Rabu (30/11).

Kabid Ekonomi Pembangunan Balitbangda Kabupaten Bekasi, Indra Wahyudhi menjelaskan, di lahan sekitar 6 hektar yang dikelola kelompok tani setempat, telah ditanam Padi Merah yang memiliki kualitas dan ciri khas. Balitbangda Kabupaten Bekasi memiliki peran dalam peninjauan lapangan untuk melakukan pengembangan pada Padi lokal tersebut.

"Diharapkan nanti ketika sudah diobservasi, punya keunggulan-keunggulan sebagai dasar untuk mendaftarkan varitas  ke PPVTPP di Kementerian Pertanian,” ujar Indra Wahyudi.

Indra menjelaskan, mengenai Padi Merah di Bojongmangu ini belum memiliki brand, karenanya Balitbangda bersama Kelompok Tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan ini salah satunya akan mendiskusikan mengenai usulan  nama-nama khas padi lokal yang memiliki keunggulan tersendiri ini, yang akan dikoordinasikan kepada Pj Bupati Bekasi.

"Nah untuk keunggulan tadi sudah dilihat secara fisik, rumpun padinya cukup baik, artinya cukup banyak anaknya, kemudian tinggi, profil daripada tanamannya lebih tinggi daripada Ciherang," jelasnya.

Indra juga merasakan nasi padi lokal ini ketika dimasak juga lebih legit atau pulen (empuk dan enak) dari padi lainnya.

Pemkab Bekasi melalui Balitbangda, bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lanjutnya, akan mengadakan observasi daya hasil dan diharapkan bisa dilepas menjadi Padi Merah Lokal Kabupaten Bekasi

"Tahapan awal kami akan melakukan identifikasi daripada padinya, kemudian nanti akan ketahuan secara morfologi-nya, bentuknya, beda tanamannya bisa diketahui, kemudian kita daftarkan dan ditetapkan sebagai padi lokal khas Kabupaten Bekasi," terangnya.

Reporter : Fajar CQA

Editor      : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Peringati Harkitnas ke-116, Camat Muaragembong : Fase Kebangkitan Kedua di Era Kemajuan Teknologi
PEMERINTAHAN   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinkes Kabupaten Bekasi - USAID Prevent TBĀ  Gelar Sosialisasi Pencegahan TBC
PEMERINTAHAN   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lepas Jemaah Haji Kloter 19, Dani Ramdan Berpesan Jaga Kesehatan dan Ikuti Instruksi Petugas Haji
PEMERINTAHAN   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Semakin Menarik, Botram Serang Baru Padukan Layanan Publik dan Hiburan Masyarakat
PEMERINTAHAN   May 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik