Kamis, 13 Juni 2024

BPBD Fokus Tangani Tiga Kecamatan Masih Terendam Banjir

PEMERINTAHAN   Mar 8, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 599 Kali


id6811_IMG-20230308-WA0253.jpg
RAPAT : Posko Komando Tanggap Darurat Bencana Hidrometeorologi Kabupaten Bekasi terus memantau perkembangan banjir di Kecamatan Muaragembong, Cabangbungin dan Pebayuran.

CIKARANG PUSAT –Tim Komando Tanggap Darurat Bencana Hidrometeorologi Kabupaten Bekasi terus memantau perkembangan banjir di Kecamatan Muaragembong, Cabangbungin dan Pebayuran.   

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Muchlis pastikan debit air tidak mengalami peninggian. Bahkan, warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah dan mulai menjalani aktifitas. 

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Bekasi per hari Rabu (08/03) data yang dilaporkan di tiap kecamatan yang masih tergenang itu hanya di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Muaragembong, Cabangbungin dan Pebayuran. Pebayuran juga didominasi sama sawah,” ujar Muchlis saat ditemui usai memimpin Rapat Updating Banjir di Kantor BPBD Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat pada Rabu (08/03). 

Dari ketiga kecamatan itu, sebanyak tujuh desa ketinggian air berada diangka 10 cm. Meski begitu, Muchlis mengatakan,  ada satu titik di wilayah Kecamatan Muaragembong dimana ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

“Rata- rata ketinggian air 10 cm. kecuali di wilayah Muaragembong, yang ada cekungan yang ditempati warga, ada yang selutut. Tapi, itu dari air rob laut,” ungkapnya.  

Dia berharap, debit air dari hulu tidak besar sehingga tidak menambah ketinggian di wilayah rawan terdampak banjir. Saat ini sudah tidak ada warga yang memilih untuk tinggal di pengungsian.

“Mudah- mudahan bisa surut, kemudian, air dari hulu juga debitnya bisa lebih kecil. Dan kita berharap, kondisi- kondisi bisa lebih stabil. Untuk pengungsi sendiri, sudah tidak ada dan sudah seluruhnya kembali ke kediamannya masing- masing,” katanya.

Muchlis juga menambahkan, dalam penanganan banjir tim BPBD masih memfokuskan pada wilayah yang saat ini masih tergenang. Tidak sampai di situ, bantuan dari pemerintah daerah akan terus disalurkan hingga kondisi masyarakat kembali normal.

“untuk kegiatan di titik banjir tadi, terutama Muaragembong, tadi juga kita sudah mengirimkan bantuan, kemarin juga, sudah kita kirimkan air bersih dan logistik. Kemudian tadi pagi, pak Sekda sudah menyampaikan bantuannya ke Muaragembong, mudah- mudahan cukup membantu warga yang terkena musibah banjir di muaragembong,” harapnya.

Reporter : Dani Ibrahim

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Indeks SPBE Kabupaten Bekasi Naik Signifikan, Diskominfosantik Jadi Pembicara di BRIN
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik