APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


Nasional

Pemerintah Yakin Program Padat Karya Bisa Dorong Daya Beli Masyarakat

Ahmad Djaelani | Senin, 13 November 2017 - 20:22:48 WIB | dibaca: 21 pembaca

Pemerintah menyakini program padat karya cash yang akan mulai bergulir pada bulan Januari 2018 nanti bisa meningkatkan dan mendorong peningkatan daya beli masyarakat semakin kuat.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro dalam siaran persnya, Senin (13/11/2017).

Menurut Bambang, program padat karya cash adalah pembangunan infrastruktur dengan memanfaatkan alokasi dana desa dan melibatkan masyarakat daerah tersebut sebagai pekerja. Sehingga, warga tersebut memiliki pendapatan sebagai modal konsumsi.

"Pada 2018 presiden sudah mengarahkan infrastruktur yang pakai dana desa, atau infrastruktur yang levelnya di daerah didorong sebanyak mungkin dengan padat karya, untuk menciptakan kesempatan kerja lebih banyak dan memberikan daya beli yang tinggi kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah," tuturnya.

Program padat karya cash ini nantinya akan membangun beberapa infrastruktur dasar yang digarap secara swakelola atau tidak diberikan ke pihak ketiga. Selain menciptakan suatu perekonomian juga menciptakan lapangan pekerjaan.

Apalagi, untuk gaji atau upah bagi masyarakat yang terlibat dalam program padat karya cash ini dianjurkan dibayar secara harian atau mingguan, dan tidak dibayar secara bulanan.

"Bahwa infrastruktur itu memberikan perbaikan, baik konstruksi maupun dioperasikan, dan kami sudah melakukan studi dampak pertumbuhan dari infrastruktur itu cukup besar," tabahnya.

Dengan gencarnya pembangunan infrastruktur diharapkan akan memberikan manfaat secara panjang bagi kegiatan usaha.

"Kan sudah enak, listrik sudah terpenuhi, jalan sudah banyak, bandaranya, pelabuhannya dwell time-nya tidak tinggi, logistik cost-nya turun, ekonomi yang bagus dan berdaya saing," tutupnya.










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)