APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


Nasional

Insan pers siap hadang berita hoax

Deklarasi FPII Gedung Joeang 45 Menteng Jakarta berjalan sukses

Edi YP | Rabu, 24 Mei 2017 - 08:28:05 WIB | dibaca: 223 pembaca

bekasikab.go.id
 Menteng - Senin (22/05) Forum Pers Independent Indonesia atau yang lebih dikenal dengan FPII mengadakan kegiatan seremonial penting bagi organisasinya yaitu Deklarasi FPII. Acara seremonial  yang dilaksanakan ini memilih tempat di Gedung Joeang 45 Cikini Menteng Jakarta Pusat.

Acara yang dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh salah satu pengurus Setnas FPII dan dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter tentang kekerasan yang di alami oleh para jurnalis yang terjadi diIndonesia. Dilanjutkan dengan berbagai sambutan diantaranya dari Project Officer Deklarasi FPII, R.Dean, Ketua Presidium FPII, Kasihati, Wartawan Senior, Satrio Aris Munandar, Wartawan Senior, Eddy Ardiwan, President Anak Bangsa Sejati (ABS), Ferdinand, staff Ahli Presiden Joko Widodo, Jerry Lumelle dan MayJen TNI Wuryanto, Kapuspen TNI yang mewakili Panglima TNI.

Ketua Presidium FPII, Kasihati memaparkan, banyaknya wartawan yang terintimidasi dan mendapatkan kekerasan menjadi dasar utama terbentuknya organisasi ini. “Sebagai organisasi induk, Dewan Pers (DP), sudah tidak Independen lagi, jadi teman-teman sekarang mempunyai wadah baru untuk melakukan pembelaan wartawan, apalagi bagi mereka yang tak pernah mendapatkan kesempatan pembelaan dari DP,” tegas Kasihati.

Salah seorang Wartawan Senior, Satrio Sunandar mengatakan dalam sambutannya bahwa seorang wartawan harus dapat mengabarkan berita yang benar atau sesuai dengan fakta dan data dilapangan. “Jika benar katakan dengan benar dan jika salah katakan salah, meskipun akan banyak resiko yang menimpanya. Jangan permah takut hadapi resiko bila memang itu benar, ada FPII bersama kita” ujarnya dengan penuh semangat.

Dalam sambutannya President ABS, Ferdinand, berharap FPII dapat menjadi wadah baru dan pemersatu yang Independen bagi para insan pers di Indonesia. “Tetap menjaga jalinan cinta kasih untuk satu tujuan Indonesia Jaya, maka FPII juga akan jaya selaras dengan sendirinya,” ungkap dia.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Wuryanto yang mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutannya mengharapkan kehadiran FPII ini dapat menjadi Garda terdepan untuk menjaga NKRI dan mampu menolak pemberitaan hoax. “Semoga FPII akan bermanfaat bagi bangsa dan negara dan organisasi ini bisa pula menjadi terdepan untuk menangkal penyebaran berita-berita hoax,” jelas nya.

Dan khusus menanggapi pemutaran film dokumenter tentang tindak kekerasan terhadap wartawan, Mayjen TNI Wuryanto mengatakan semoga kejadian tersebut menjadi yang terakhir kali dan tidak terulang lagi nantinya.

Acara seremonial utama deklarasi FPII ini dilakukan dengan penyematan jaket FPII sebagai tanda penghargaan dan persahabatan dari FPII yang di lakukan oleh Ketua Presidium FPII, Kasihati kepada Kapuspen TNI Mayjen  TNI Wuryanto. Dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis Bendera Pataka FPII dari Ketua Presidium FPII kepada Ketua Sekretaris Nasional (Setnas) Mustofa HK sebagai tanda pengesahan resmi berdirinya Forum Pers Independent Indonesia.

Pemberian Surat Keputusan (SK) juga dilakukan kepada seluruh Setwil FPII se-Indonesia. Yang dilakukan oleh Ketua Setnas FPII bersama dengan Ketua Presidium FPII yang didampingi oleh tiga Ketua Deputi Setnas yaitu Advokasi, Wesly H Sihombing, Organisasi, Jalu Pamone dan Jaringan, Drs Hefrizal.

Inilah nama - nama Ketua Setwil FPII yang telah resmi mendapatkan SK diantaranya,
- Setwil DKI Jakarta, Haris Supriyono,
- Setwil Jawa Barat, Merry Panjaitan, 
- Setwil Banten, Agus Darma Wijaya,
- Setwil Khusus Kota Depok, Adie Rakasiwi,
- Setwil Aceh, Ronny Hariyanto, 
- Setwil Riau, Bowonaso Laia yang diwakili oleh Korwil Kabupaten / Kota Kuantan Sengingi, Jhon Hendri
- Setwil Kepulauan Riau, T. Hanafi,
- Setwil Sumatera Utara, Ryan Sinaga yang diwakili oleh Korwil Kabupaten / KotaSiantar Simalungun, Marshal Harahap
- Setwil Kepulauan Babel, Purwanto Dindo,
- Setwil Sumatera Selatan Suryadinata, 
- Setwil Lampung, Yunizar Akbar, - Setwil Kalimantan Tengah Toto Suroto SH,
- Setwil Kalimantan Barat, Udin Subarie MR, 
- Setwil Kalimantan Timur, Iwan Hardi,
- Setwil Yogyakarta Ibrahim Umar,
- Setwil Jawa Timur, Bayu Pangarso, 
- Setwil NTB Mawardi, 
- Setwil Maluku, Umar Watihellu, 
- Setwil Maluku Utara, Junaedi Abdulrasyid 
- Setwil Sulawesi Selatan, Slamet Basirun
- Setwil Sulawesi Utara, oleh perwakilan
- Setwil Sulawesi Tenggara, Hasanudin Lamatta, SH
- Setwil Sorong Papua Barat, Imam Mucholik,
- Setwil Fakfak Papua, Omatus

Usai acara seremonial, acara hiburan juga diadakan oleh Theatrical Kitting dkk serta Artis Ibukota HCR Band pelantun Pengen Jadi Artis, Ayu Lestari, Diara Amelia, Ratna Pandita dengan Host Daniel Bond dan Dewi Sherdina.

Selain dihadiri oleh seluruh pengurus serta perwakilan FPII diseluruh Indonesia, acara Deklarasi FPII ini juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan berupa tokoh - tokoh nasional, diantaranya  Ketua DPP AWDI, OK Syahyan, President Anak Bangsa Sejati (ABS), Ferdinand, Staff Khusus Kepresidenan Bagian Pantau Investor Asing, Jerry Lumelle, Kapuspen TNI, Mayjen TNI Wuryanto, Bakal Calon Walikota Bekasi, Haikal dan team, Dan para tamu undangan lainnya.(edi yp)

 










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)