Rabu, 24 Juli 2024

Antisipasi Kejahatan Jalanan, Kecamatan Cibitung Gelar Patroli Siskamling Secara Masif

PEMERINTAHAN   Feb 29, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 523 Kali


id9225_Compress_20240229_220822_2544.jpg
PATROLI SISKAMLING : Camat Cibitung, Encun Sunarto terjun langsung memimpin Patroli Siskamling bersama Satpol-PP dan Linmas, bersinergi dengan TNI/Polri, pada Kamis (29/02/2024) malam. Foto : Endar Raziq/Newsroom Diskominfosantik.

CIBITUNG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cibitung bersinergi dengan unsur TNI dan Polri menggelar Patroli Siskamling Wilayah di Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung, pada Kamis (29/02/2024) malam.

Camat Cibitung, Encun Sunarto menuturkan, giat operasi patroli tersebut dilaksanakan menindaklanjuti instruksi Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, menyusul maraknya aksi kejahatan jalanan yang mengganggu ketentraman dan kenyamanan lingkungan serta aktifitas masyarakat saat ini.

"Kita memberikan perhatian khusus pada giat malam ini, terutama pada lokasi-lokasi yang rawan terjadi tindak kejahatan seperti di jalan Cibuntu depan STTD, Underpass Wanasari, di Fly over Wanajaya, Fly over Cibitung, juga di jalan akses CBL," kata Encun usai memimpin apel patroli malam di Halaman Kantor Kecamatan Cibitung.

Selain itu, Encun juga menginstruksikan para kepala desa dan lurah di wilayahnya untuk menggiatkan kembali patroli Siskamling lingkungan, serta berkomunikasi dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat setempat untuk menyampaikan edukasi kepada masyarakat secara persuasif.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi kenakalan remaja terutama pelajar sekolah, Encun juga mengimbau kepada orangtua dan guru di sekolah untuk mengontrol kegiatan anaknya sepulang sekolah. Jangan sampai terlibat aksi tawuran ataupun kegiatan-kegiatan yang menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat.

"Di setiap kesempatan kami juga mengimbau kepada guru dan orangtua jika pulang sekolah anaknya satu atau dua jam belum datang, segera ditelpon. Harus punya whatsapp grup dengan guru, punya nomer telepon teman-temannya, jadi ketika anaknya belum pulang bisa ditelusuri, juga di malam hari jam 9 atau jam 10 anak-anak sudah harus ada di rumahnya masing-masing," imbaunya.

Encun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif, bersama-sama dengan unsur tiga pilar dari pemerintah, TNI, dan Polisi menjaga lingkungan dari hal-hal yang tidak diharapkan. Karena hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif, nyaman, dan tentram.

"Kepada petugas RT RW baik di perumahan maupun di perkampungan, agar menghidupkan kembali Pos Siskamling yang ada, diadakan kembali jadwal-jadwal rondanya. Disamping juga pos siskamling tersebut dijadikan tempat untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi antar tetangga tentunya," tutupnya.

Reporter : Arif Tiarno

Editor       : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Serahkan SK Forum IPSM, Pj Bupati Dani Ramdan Dorong Penguatan Data DTKS Lebih Valid
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Perkuat Komunikasi HRD Perusahaan, Dani Ramdan Jadi Narasumber Dialog Interaktif Daerah
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Kabupaten Bekasi Siap Pecahkan Rekor Muri
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
UPTD Pengelolaan Persampahan Wilayah IV Siap Sukseskan Lomba Kampung Bersih Makin Berani
PEMERINTAHAN   Jul 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Musik Angklung Sambut Dani Ramdan Sosialisasi Lomba Kampung Bersih di Bojongmangu
PEMERINTAHAN   Jul 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik