Rabu, 08 Februari 2023

Antisipasi Bencana, Kelurahan Wanasari Resmikan Posko Katana

UMUM   Nov 23, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 219 Kali


id6222_WhatsApp Image 2022-11-23 at 11.20.56-min.jpeg
ANTISIPASI : Kelurahan Wanasari secara resmi mendeklarasikan posko atau basecamp Kelurahan Tangguh Bencana (Katana).

CIBITUNG – Dalam rangka memperkuat kesiapsiagaan antisipasi bencana, Kelurahan Wanasari secara resmi mendeklarasikan posko atau basecamp Kelurahan Tangguh Bencana (Katana). Pendirian posko Katana itu juga sebagai upaya responsif terhadap penanggulangan bencana di wilayah Kelurahan Wanasari.

“Posko ini diproyeksikan sebagai pusat informasi terkait kebencanaan dan juga sebagai tempat untuk menyimpan ketersediaan kebutuhan saat terjadi bencana,” ujar Lurah Wanasari, Sarkum pada Rabu (23/11).

Sarkum menjelaskan, tujuan dibuatnya posko atau basecamp tersebut untuk memaksimalkan peran Katana Wanasari. Nantinya meliputi serangkaian proses dari tahap identifikasi bencana hingga perencanaan upaya pengurangan risiko bencana.

Katana diharapkan, lanjut Sarkum, dapat mendorong upaya pengurangan risiko bencana di tingkat kelurahan dengan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan wilayah. Partisipasi dari berbagai stakeholder dalam upaya penanggulangan bencana sangat diperlukan mengingat informasi, pengalaman dan dampak yang dirasakan dapat berbeda satu sama lain.

 “Mengingat cakupan wilayah Kelurahan Wanasari yang begitu luas terdiri dari 43 Rukun Warga, maka diperlukan mitigasi yang matang dan terencana sehingga treatment yang dilakukan oleh Katana Wanasari ini dapat lebih efektif dan tepat sasaran,” katanya.

Program dengan Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) ini merupakan program pengelolaan risiko berbasis komunitas dengan harapan masyarakat tidak saja menjadi objek dari proses. Tetapi dapat terlibat secara aktif dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau dan mengevaluasi upaya-upaya pengurangan risiko bencana di wilayahnya dengan memaksimalkan sumberdaya lokal yang ada.

Dia berharap, melalui upaya ini diharapkan Kelurahan Wanasari menjadi kelurahan yang tangguh dan peka terhadap bencana yang sewaktu-waktu dapat saja terjadi. Sejauh ini, Pemerintah Kelurahan Wanasari telah memetakan resiko bencana yang dapat terjadi di wilayahnya, yakni bencana banjir.

 “Harapannya jika bencana terjadi, masyarakat mempunyai kemampuan melakukan penanganan, dari tanggap darurat hingga pemulihan. Selain itu kita juga membutuhkan perahu karet tambahan untuk menghandle seluruh wilayah yang telah dipetakan terdapat resiko banjir,” ujarnya.

Reporter : Akbar Nurachman

Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Jalan Kalimalang Mulus Kembali, Masyarakat Apresiasi Pemkab Bekasi
UMUM   Jan 17, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bawaslu Kabupaten Bekasi Rekrut Panwaslu Desa/Kelurahan
UMUM   Jan 11, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
1.428 Calon Anggota PPS Jalani Tes CAT
UMUM   Jan 11, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Lantik 6 Pejabat Struktural dan 29 Pejabat Fungsional
UMUM   Dec 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Multicultural Library, Pj Bupati Dani Ramdan Terima Kunjungan KB Kookmin Bank
UMUM   Dec 23, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik