Jumat, 14 Juni 2024

110 Jamaah Calon Haji dari Dua Kecamatan Ikuti Bimbingan Manasik Haji

PEMERINTAHAN   May 8, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 862 Kali


id7169_WhatsApp Image 2023-05-08 at 14.01.06-min.jpeg
IBADAH : Sebanyak 110 Jamaah Calon Haji (JCH) dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Cibarusah dan Kecamatan Bojongmangu mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji yang digelar secara serentak se- Kabupaten Bekasi untuk tahun 1444 Hijriyah.

CIBARUSAH – Sebanyak 110 Jamaah Calon Haji (JCH) dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Cibarusah dan Kecamatan Bojongmangu mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji yang digelar secara serentak se- Kabupaten Bekasi untuk tahun 1444 Hijriyah.

Camat Cibarusah, Rusdy Azis mengatakan, dalam rangka manasik haji tingkat kecamatan ini merupakan proses yang sangat penting dan harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga, melalui manasik haji ini, diharapkan para jamaah calon haji mempunyai gambaran tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya.

“Banyak informasi yang disampaikan dalam manasik, oleh karena itu saya harap diikuti dengan baik. Penjelasan para pembimbing akan sangat memberikan manfaat dan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan ibadah haji,“ ujar Rusdy Azis, seusai membukan kegiatan manasik haji di Masjid Al Muhajidin, Senin (08/05/23).

Rusdy juga mengingatkan, agar para jamaah calon haji dapat menjaga kesehatan dan staminanya dalam menjalakan kegiatan ibadah haji selama berada di Tanah Suci. Dia juga berharap agar jamaah calon haji dari Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu dapat kembali ke tanah air dengan keadaan sehat dan selamat dan mampu menyandang haji yang mabrur.

“Jaga kesehatan karena jutaan manusia berkumpul di Tanah Suci sebagai bentuk ukhuwah islamiyah yang paling besar. Jika ada rangkaian manasik yang belum dipahami silahkan ditanyakan kepada petugas. Jauhi larangan-larangan dalam rangkaian ibadah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan tenang dan benar. Jaga kesucian hati dan pikiran. Manfaatkan keberadaan petugas kloter untuk membantu jemaah,” jelasnya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cibarusah, yang juga sebagai panitia Bimbingan Manasik Haji, H. Husen menambahkan, penggabungan jamaah calon haji dari Kecamatan Cibarusah dan Kecamatan Bojongmangu berdasarkan tidak mencukupinya kuota perkecamatan.

“Iya wilayah kita masuk ke dalam wilayah 12 untuk bimbingan manasik haji tahun 1444 H, di Kecamatan Cibarusah jamaah calon hajinya sebanyak 75 orang dan jamaah calon haji Kecamatan Bojongmangu sebanyak 35 orang. Karena tidak tercapai kuota perkecamatan minimal 100 orang, maka digabungkan dan totalnya menjadi 110 orang,” kata H. Husen.

Husen juga menerangkan, jamaah calon haji sudah mendapatkan bekal ilmu dan informasi melalui kegiatan Manasik Haji baik itu tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten untuk memberikan pemahaman kepada para jamaah calon haji secara menyeluruh baik secara aturan yang berlaku maupun imbauan-imbauan yang harus diikuti oleh para calon jamaah.

“Kita berharap agar kegiatan ini menjadi ilmu dan motivasi untuk dapat diamalkan dan dijalankan di Tanah Suci sehingga jamaah-jamaah haji dari Kabupaten Bekasi khususnya dari Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu dapat menjalani ibadahnya dengan lancar,” ujarnya.

Reporter : Akbar Nurachman
Editor : Fuad Fauzi

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan PAD dan Piutang, Pemkab Bekasi Gelar Rapat Implementasi Pemungutan Retribusi Daerah
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diskominfosantik Gelar Kegiatan Analis dan Diseminasi Data Statistik Sektoral
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik