APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan

Hamkam

Hukuman Kebiri Segera Diterapkan

Ratu Namira Yasmine | Rabu, 11 Mei 2016 - 23:00:21 WIB | dibaca: 2875 pembaca

Pemerintah dalam waktu dekat ini akan memberlakukan hukuman kebiri bagi para pelaku kejatahan seksual terhadap anak. Hukuman ini harus secepatnya diterapkan mengingat tingkat kejahatan seksual terhadap anak semakin mengkhawatirkan.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengemukakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kekerasan seksual terhadap anak adalah kejahatan luar biasa.

Untuk itu, pemerintah mengkaji berkaitan dengan draf Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu)  yang diusulkan, dan membahas melalui semua kementerian/lembaga, juga melalui uji publik yang sangat komprehensif dan mendalam.

"Berkaitan dengan perlindungan kekerasan seksual terhadap anak,  payung hukumnya akan dikeluarkan segera dalam bentuk Perppu," ucap Puan.

Mengenai materi Perppu yang akan diterbitkan, Puan mengatakan, hal yang akan dicantumkan adalah pemberatan hukuman.Ia menyebutkan, akan ada salah satu halnya berkaitan dengan pemberian hukuman pokok, yaitu bisa menjadi hukuman maksimal sampai dengan 20 tahun.

“Kemudian akan ada hukuman tambahan yang mungkin dilakukan kebiri, juga mungkin akan diberikan chip kepada pelaku tersebut untuk bisa dideteksi atau dipantau. Kemudian ada juga publikasi identitas, juga pemberian hukuman sosial,” jelas Puan.

Dia menegaskan, hal-hal itu merupakan satu keputusan atau komitmen dari Presiden dan pemerintah bahwa tindak pelaku kekekerasan terhadap anak adalah kejahatan luar biasa, dan tentu saja pemerintah mengutuk bahwa kekerasan itu memang harus segera hukumannya bisa memberikan efek jera.










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)